«

»

Sep 13 2018

Cetak ini Pos

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi PGSD

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)

Penyelenggara                  : Prodi PGSD, STKIP Kusuma Negara

Waktu Penyelenggaraan  : Sabtu, 25 Agustus 2018

Pukul                                  : 09.00 s.d. 15.00 WIB

Tempat                               : SDN Jatimekar II, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat

Peserta                              : Seluruh Guru SDN Jatimekar II

 

Deskripsi Kegiatan:

SDN Jatimekar II beralamat di Jl. Benda, Kp. Pamahan, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat (17422) merupakan sekolah dengan Akridetasi A. SDN Jatimekar II saat ini menggunakan 2 kurikulum dalam proses pembelajaran (KTSP dan Kurikulum 2013). Di tahun ajaran 2018/2019 SDN Jatimekar II akan menggunakan Kurikulum 2013 di setiap kelas. Dengan digunakannya Kurikulum 2013 disemua kelas, maka guru-guru SDN Jatimekar II perlu mendapat pelatihan terhadap Kurikulum 2013 selain pelatihan dari Diknas terkait (BIMTEK).

Berdasarkan surat permohonan dari SDN Jatimekar II kepada Ketua STKIP Kusuma Negara untuk mengirimkan dosen PGSD guna memberikan pelatihan kepada guru-guru di sana terkait Kurikulum 2013 Revisi 2017 khususnya. Maka Prodi PGSD, STKIP Kusuma Negara mengirimkan 4 dosen untuk menjadi narasumber pelatihan tersebut. Pelatihan ini diberi tema “Having Fun With Curriculum 2013”. Dengan mengangkat tema “Having Fun With Curriculum 2013” diharapkan para guru tidak menjadikan momok kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai momok yang menakutkan.

Adapun materi yang disampaikan oleh para narasumber adalah sebagai berikut:

  1. Eva Octaviana, S.Pd., M.Pd. (Kurikulum 2013 Revisi 2017)
  2. Nur Hasanah, M.Hum (Ice Breaking)
  3. Maria Ulfa, S.S., M.Pd. (Games Asyik Bahasa Indonesia)
  4. Chrisnaji Banindra Yudha, M.Pd. (Games Asyik Matematika)

Pelatihan ini memberikan gambaran tentang Kurikulum 2013 Revisi 2017. Selain tentang pemahaman Kurikulum 2013 Revisi 2017, para narasumber juga memberikan materi tentang metode pembelajaran berbasis Games Asyik. Dimana metode pembelajaran Games Asyik ini dapat diterapkan saat proses pembelajaran saat sudah menggunakan Kurikulum 2013. Agar peserta pelatihan tidak jenuh dengan materi yang dibawakan, maka diberikan ice breaking. Ice breaking ini juga dapat guru terapkan kepada peserta didik saat proses pembelajaran mulai terasa jenuh.

Pelatihan ini dilakukan secara interaktif dan menyenangkan terlihat dari banyaknya respons yang diberikan oleh peserta pelatihan. Para peserta juga ikut terlibat aktif dalam praktik Games Asyik yang diberikan oleh narasumber. Pemilihan materi dari para narasumber membuat para peserta bukan hanya paham terhadap Kurikulum 2013 Revisi 2017. Tetapi juga mampu mengaplikasikannya dengan berbagai metode-metode berbasis Games Asyik yang diterapkan di dalam proses pembelajaran. Diharapkan para peserta pelatihan selalu Having Fun With Curriculum 2013 dalam melaksanakan setiap proses pembelajaran.

 

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>